Menginformasikan berbagai macam hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda sekalian

Selasa, 23 Desember 2014

Pengertian Hujan Asam Serta Penyebab dan Dampaknya Bagi Kehidupan


Banyak sekali fenomena-fenomena yang terjadi dewasa ini, salah satu yang sering terdengar didalam kehidupan bermasyarakat adalah hujan asam. Pada mulanya fenomena ini biasa saja karena jarang sekali terjadi namun sekarang intensitasnya semakin sering, ini tidak lain dan tidak bukan karena ulang tangan manusia juga. Dan inilah pembahasan singkat mengenai hujan asam dan hal-hal terkait lainnya.

Pengertian Hujan Asam

Orang-orang yang ahli dalam bidang ini memberikan pengertian hujan asam sebagai hujan yang memiliki kadar keasaman (atau yang juga disebut pH) yang rendah dalam setiap tetesan airnya. Perlu diketahui bahwasannya pada keadaan normal hujan memiliki pH sekitar 5,6. Jadi kita bisa menyebutkan bahwa hujan asam adalah hujan yang memiliki pH kurang dari 5,6. Penelitian terakhir para ahli menyebutkan bahwa hujan saat ini memiliki pH 4 yang sebelumnya sekitar 6.

Penyebab Terjadinya Hujan Asam

Kita bisa memberikan benang merah bahwa penyebab hujan asam bisa terjadi karena dua faktor, pertama dalah karena faktor alam dan kedua adalah faktor ulah tangan manusia. Penyebab terjadinya hujan asam karena faktor alam adalah seperti terjadinya letusan gunung merapi sedangkan penyebab terjadinya hujan asam karena ulah tangan manusia adalah asap kendaraan bermotor dan pabrik.

Dampak Hujan Asam

Ketahuilah bahwa dampak hujan asam kepada manusia begitu mengerikan, ini dapat mengancam kehidupan manusai dimuka bumi. Untuk itu kita harus bisa menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar kita agar tidak terjadi hujan asam. Dan inilah beberapa dampak hujan asam bagi kehidupan manusia, diantaranya:
  • Dapat mengganggu kesehatan manusia seperti panas.
  • Dapat mengganggu dan merusak pertumbuhan pohon-pohon.
  • Dapat merusak bangunan-banguan (membuat karat).
  • Dapat meracuni berbagai macam organisme dalam air.
  • Dapat meningkatkan konsentrasi logam didalam air.

0 komentar: