Menginformasikan berbagai macam hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda sekalian

Kamis, 04 Desember 2014

Siapa Ketua BPUPKI?


"Siapa ketua BPUPKI?" itu merupakan pertanyaan yang pernah kita dengar didalam kelas sejarah, khususnya ketika membahas materi detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia. BPUPKI merupakan salah satu bagian penting dari proklamasikemerdekaan negara yang kita cinta ini sehingga namanya tak akan pernah hilang dari buku sejarah Indonesia. Dan ini pembahasan singkat mengenai BPUPKI termasuk jawaban untuk siapa ketua BPUPKI?.

Mengenal BPUPKI
BPUPKI atau yang merupakan singkatan dari Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945 oleh seorang panglima tentara Jepang yang bernama Jenderal Kumakichi Harada. Adapun tujuan dibentuknya badan yang dalam bahasa Jepang bernama Dokuritsu Junbi Cosakai ini adalah untuk menyelidiki, mempelajari dan memahami hal-hal penting dalam penbentukan sebuah negara seperti politik, ekonomi, dan tata pemerintahan.

Siapa Ketua BPUPKI?
Dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat

Profil Singkat Radjiman Wedyodiningrat
Beliau merupakan seorang dokter yang juga merupakan salah satu tokoh pendiri bangsa yang kita cintai ini, Indonesia. Beliau lahir di Kota Yogyakarta pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal dalam usia 73 tahun pada tanggal 20 September 1952. Beliau merupakan oleh yang berpendidikan terbukti dari gelar dokter yang beliau sandang ketika berumur 20 tahun dan gelar Master of Art ketika beliau berumur 24 tahun. Perlu diingat bahwa beliau juga merupakan salah satu tokoh pendiri organisasi Boedi Oetomo dan pernah juga menjabat sebagi ketua dalam organisasi tersebut tahun 1914-1915.