Menginformasikan berbagai macam hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda sekalian

Kamis, 10 Maret 2016

Mengenali Manfaat Seragam Sekolah



Seragam bukanlah benda yang asing bagi kita, ini merupakan sesuatu yang kita kenakan ketika hendak ke sekolah, namun tahukah kamu semua apa manfaat dari penggunaan seragam ini? Penggunaan seragam ketika disekolah tentu bukan tanpa alasan, ada berbagai macam alasan yang mendasari penggunaan seragam sekolah. Alasan tersebut tentu saja diselaraskan dengan tujuan-tujuan atau manfaat-manfaat dari seragam tersebut. Dan dibawah ini adalah informasi mengenai manfaat seragam sekolah, silahkan disimak infonya.

1. Identitas Sekolah

Tentunya kamu tahu dong sekolah terbaik atau terpopuler yang ada didaerah kamu? dan biasanya kamu juga melihat siswa/siswi sekolah tersebut ketika diluar sekolah dan sedang menggunakan sekolah tersebut, dan kamu langsung tahu dia atau mereka sekolah dimana, bukan begitu? Nah itulah manfaat dari seragam sebagai identitas dari sekolah, dan ini bisa juga digunakan sebagai alat pemasaran atau promosi atau branding.

2. Melatih Kedisiplinan Murid-murid

Manfaat penggunaan seragam yang lainnya adalah melatih para siswa dan siswi untuk disiplin. Dengan adanya penggunaan seragam sekolah mereka harus bersisiplin untuk menggunakan seragam yang mana pada hari apa (tentu tiap hari atau dua hari sekali seragamnya berbeda-beda), kemudian harus disiplin mencuci dan merapikan pakaian seragam, menggunakan seragam secara lengkap dengan atributnya (topi, dasi, name tag, dll).

3. Menyeragamkan siswa

Murid-murid yang ada di sekolah tentu berbeda-beda terutama dari latar belakang keluarga, ada yang kaya ada yang miskin, ada yang mampu ada yang tidak mampu, ada yang merupakan anak konglomerat dan ada yang bukan, semua ini akan menjadi jurang pemisah kalau tidak diseragamkan. Seragam memiliki peranan penting dalam hal ini sehingga murid-murid bisa diminimalisir gapnya antara kaya miskin, mampu tidak mampu, dll.

4. Melestarikan Budaya Bangsa

Salah seragam yang harus digunakan ketika sekolah adalah batik, dan kita tahu batik merupakan warisan budaya asli Indonesia. Penggunaan batik untuk seragam sekolah juga bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia.

5. Membatasi Perilaku Siswa/siswi Diluar Sekolah

Salah satu dari sekian banyak manfaat seragam sekolah adalah membatasi perilaku siswa/siswi diluar sekolah, karena dia tahu kalau dia berbuat sesuatu yang tidak baik maka nama sekolahnya akan tercoreng dan akan menimbulkan masalah yang pelik dikemudian hari. Meskipun demikian masih ada saja pelajar yang melakukan aksi negatif diluar sekolah dan menggunaan seragam, namun setidaknya ini bisa diminimalisir.

Nah itulah tulisan yang relatif singkat mengenai manfaat seragam sekolah yang perlu kita ketahui bersama. Semoga tulisan yang begitu singkat ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Tulisan dari http://konveksiseragamberkualitas.com/

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Salah satu tujuan seragam sekolah khususnya sekolah negeri, adalah untuk meminimalisir kesenjangan sosial antara siswa dari keluarga mampu dan kurang mampu. Namun seragam masa kini juga membedakan siswa dari agama tertentu dengan yg lainnya.